Wednesday , March 27 2019
Home / Investasi / Korea Selatan, Negara yang paling inovatif di Dunia
negara yang paling inovatif di Dunia

Korea Selatan, Negara yang paling inovatif di Dunia

Korea Selatan dinobatkan sebagai negara dengan ekonomi paling inovatif di dunia sehingga disebut sebagai negara yang paling inovatif di Dunia. Hal ini berdasarkan laporan bertajuk 2017 Bloomberg Innovation Index, yang memeringkat berbagai negara dengan menggunakan sejumlah faktor, termasuk anggaran riset dan pengembangan, serta konsentrasi perusahaan publik teknologi tinggi.

Mengutip Bloomberg, Rabu (18/1/2017), Korea Selatan menempati peringkat pertama, dengan nilai tertinggi dalam hal intensitas riset dan pengembangan, sektor manufaktur bernilai tambah, dan aktivitas paten.

Korea selatan juga menempati peringkat lima besar dalam hal kepadatan teknologi tinggi, pendidikan tinggi, dan konsentrasi peneliti. dibawahnya yang berada di peringkat kedua adalah Swedia negara yang paling inovatif di Dunia di bawah Korea Selatan, yang menunjukkan perbaikan amat berarti dalam metrik manufaktur bernilai tambah.

Berada di bawahnya lagi ada Jerman yang berada di peringkat ketiga dan Swiss yang berada pada peringkat keempat. Negara tetangga Swedia, yakni Finlandia, berada pada peringkat kelima karena peningkatan jumlah perusahaan teknologi tinggi.

Sementara itu, peringkat keenam hingga sepuluh masing-masing adalah Singapura, Jepang, Denmark, Amerika Serikat, dan Israel. Adapun Rusia turun 14 peringkat ke nomor 26, penurunan paling tajam dalam peringkat tersebut.

Perkembangan manufaktur dan produktivitas Rusia terganggu karena dijatuhkannya sanksi atas negara tersebut dan harga energi yang tidak menguntungkan dalam beberapa tahun terakhir.

Pemeringkatan ini dilakukan terhadap 200 negara di dunia. Data yang diperoleh dari Bloomberg hanya mencakup 50 negara yang masuk dalam peringkat 50 besar. Negara tetangga Indonesia, yakni Malaysia, berada pada peringkat 23 dari sebelumnya peringkat 25 pada tahun lalu.

Malaysia memperoleh nilai yang baik dalam hal sektor manufaktur bernilai tambah dan kepadatan teknologi tinggi. Sementara itu, Thailand berada pada peringkat 44, naik dari peringkat 47 pada tahun sebelumnya. Sama seperti Malaysia, Thailand memperoleh nilai yang baik dalam hal sektor manufaktur bernilai tambah.

Sayangnya Indonesia belum dapat bersaing dengan negara – negara tersebut dalam hal ekonomi inovatif sehingga Indonesia tidak masuk dalam peringkat 50 besar negara ekonomi paling inovatif versi Bloomberg tersebut.

baca juga :Rahasia Usaha anda Sukses
sumber : kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *