Wednesday , March 27 2019
Home / Inspirasi Bisnis / Perhatikan Hal Ini Sebelum Menjalankan Bisnis Dengan Keluarga Atau Kerabat!

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menjalankan Bisnis Dengan Keluarga Atau Kerabat!

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menjalankan Bisnis Dengan Keluarga Atau Kerabat! – Punya rencana untuk membuka bisnis dengan keluarga atau kerabat? Lebih baik perhatikan beberapa berikut ini terlebih dahulu. Pada dasarnya sebuah usaha atau bisnis memang bisa di lakukan dengan siapa aja, baik itu investor ataupun pengusaha, usaha teman dan juga keluarga.

Berbisnis dengan orang yang telah kita kenal seperti keluarga pasti lebih banyak keuntungan diabndingkan membangun usaha dengan orang yang baru kenal dan orientasi nya hanya untuk keuntungan pendapatan saja. Tapi perlu diingat berbisnis dengan keluarga juga ada kelemahan loh.

baca juga : Perhatikan Beberapa Hal Ini Sebelum Membuka Bisnis Ritel!

Banyak bisnis keluarga yang gagal dan hancur di tengah jalan karena adanya batasan profesionalitas dan hubungan darah. Maka dari itu, anda perlu memperhatikan beberapa hal ini untuk memulai usaha dengan keluarga atau kerabat.

Visi Misi Usaha Harus Sama

Tentukanlah bisnis dan peluang usaha apa yang ingin dijalankan. Yang terpenting, usaha tersebut harus sesuai dengan minat dan kesukaan dari pasangan tersebut yaitu keluarga anda sendiri. Walaupun satu keluarga atau saudara, pasti memiliki visi misi yang berbeda.

Kecocokkan karakter masing masing

Syarat utama dalam menjalankan bisnis partner adalah sama sama mencocokkan karakter masing masing. Bila anda tidak memiliki kecocokkan karakter dengan partner anda, maka pastinya bisa amburadul bisnis anda. Waluapun itu keluarga atau saudara anda, pasti ada yang tidak cocok dan ada yang cocok.

Pembagian Tugas

Tujuan dari pembangunan bisnis partner ini adalah memberikan pembagian tugas. Maka dari itu, dalam berbisnis bersama keluarga harus ada kegiatan masing masing. Hal ini untuk memastikan sesama keluarga juga harus memiliki pekerjaan nya masing masing secara adil sesuai dengan kemampuan masing masing.

Perjanjian Hitam di Atas Putih

Walaupun bisnis keluarga, tetap harus ada perjanjian hitam di atas putih. Pasalnya bila tidak memiliki perjanjian ini, maka bisnis ini akan terlihat lemah di mata hukum. Salah satu poin yang perlu di cantumkan dalam perjanjian ini adalah pembagian keuntungan, tanggung jawab, serta penyelesaian perselisihan.

Demikian hal yang perlu diperhatikan dalam bisnis keluarga, bila anda ingin berbisnis dengan keluarga, harus ada komitmen yang tinggi dan juga sikap fokus terhadap opersional bisnis tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *